10 Alasan Memilih HDD atau SSD


Tech.soreini.com, HDD sebagai salah satu perangkat utama komputer yang memiliki fungsi untuk penyimpanan data yang berupa kepingan keras. Melalui uji dan pengembangan HDD atau hard disk drive melalui proses transformasi.

Teknologi hardisk, pertama kali dikembangkan oleh IBM pada tahun 1956, pada saat itu IBM memperkenalkan teknologi penyimpanan data RAMAC (random access method of accounting and control) pada saat itu komputer masih menggunakan puch card untuk penyimpanan data. RAMAC 305 mampu menyimpan data setara 64 ribu punch card kedalam 50 disk magnetik berukuran 24 inchi. RAMAC inilah merupakan terobosan awal sebuah komputer mampu mengakses data secara acak, bisa dianalogikan mencari sebuah lagu di CD  lebih mudah dibanding disebuah kaset.

HDD  bisa dikatakan telah mencapai perkembangan puncak dalam teknologi penyimpanan data, sebuah kepingan keras kecil mampu menyimpan data hingga ratusan giga. Kini sebuah teknologi SSD yang dikembangkan oleh IBM antara akhir tahun 1960 yang digunakan oleh komputer super canggih mulai terealisasi sebagai solusi penyimpanan data terbaik.

Dengan pilihan penggunaan SSD dan HDD sebagai penimpanan data, masing-masing orang memiliki pilihan dan pertimbangan berbeda. Tabel berikut ini akan menjelaskan perbandingan antada SSD dan HDD yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan dalam menentukan teknologi yang akan anda gunakan.

10 Perbedaan SSD (Solid State Drive) dengan HDD (Hard Disk Drive)


KomponenSSDHDD
Daya2-3 watt6-7 watt
HargaLebih Mahal Untuk Kapasitas Lebih KecilLebih Murah Untuk Kapasitas Besar
KapasitasNotebook Kurang dari 1T
Desktop Max 1 T
Notebook Hingga 2 T
Desktop Hingga 6 T
Waktu Booting10 - 13 Detik30 - 40 Detik
NoiseTidak menghasilkan bunyiTerdaat bunyi putaran disk dan komponen lain
GetaranTidak ada getaranAda getaran
Panas Lebih DinginMenimbulkan Panas
Failure Rate 2.0 Juta Jam1.5 Juta Jam 
Kecepatan Baca/ Tulis 220 MB/s - 550 MB/s 50 MB/s - 120MB/s
Enkripsi (kode sandi) FED (Full Disk Encryption)  FED (Full Disk Encryption)



















Click to comment