Pahami Jenis Processor Sebelum Membeli Laptop

Laptop saya core i7 tapi kok tidak secepat milik teman saya yang cuma core i5?

Pertanyaan ini sering muncul pada beberapa pengguna laptop untuk menjalankan aplikasi yang butuh kinerja tinggi, tepatnya pada saat intel mulai mengklasifikasikan pada berbagai kebutuhan pengguna.

Dilansir dari Intel.com,Memasuki Generasi ke-7 Intel mengklasifikasikan produknya dengan kode berikut,


Apa perbedaan atau maksud kode U, Y, HQ, HK, H, T, K pada processor Intel?


Alpha Suffix Description Example
Desktop
K Unlocked 7th Gen Intel® Core™ i7-7700K processor
T Power-optimized lifestyle 7th Gen Intel® Core™ i7-7700T processor
Mobile
H High performance graphics 7th Gen Intel® Core™ i3-7100H processor
HK High performance graphics, unlocked 7th Gen Intel® Core™ i7-7820HK processor
HQ High performance graphics, quad core 7th Gen Intel® Core™ i7-7920HQ processor
Y Extremely low power 7th Gen Intel® Core™ i7-7Y75 processor
U Ultra-low power 7th Gen Intel® Core™ i7-7500U processor

Tabel di atas merupakan produk line suffix yang bisa kita lihat dari seri prosesor yang digunakan oleh perangkat tertentu, misalnya seperti gambar dibawah ini.

Dengan mengetahui produk line suffix kita tahu apakah sebuah laptop yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Dalam sebuah situs Reddit, salah seorang pengguna menjelaskan detail kebutuhan kita dengan kode suffix yang harus kita pilih.

Processor Intel H
Processor dengan kode tersebut biasa digunakan untuk penggunaan standar, seperti light gamming dan desain grafis. Penggunaan daya pada processor Intel H adalah 35W. Selain itu Processor Intel H juga bisa dipadukan dengan kartu grafis NVidia GTX. Namun untuk saat ini jarang produk yang menggunakan processor intel H ini.


Processor Intel HK
High performance graphics, unlocked dari makna kode line suffix menjelaskan jika processor ini digunakan oleh produk High-end. Biasanya perangkat yang menggunakan produk ini akan menambahkan kartu grafis. Bahkan jika user masih merasa kurang puas dengan kemampuan processor Intel HK, user bisa melakukan overclock-ing. Processor ini cocok untuk orang yang membutuhkan kinerja tinggi, seperti gaming, video editing, tidak heran jika Intel HK ini dipilih oleh produsen laptop untuk produk bergengsi mereka.



Processor Intel HQ
Sama seperti Intel HK, Intel HQ ( High performance graphics, quad core) memiliki performa yang sangat mumpuni, namun tidak support untuk prosedur overclock. Dengan kemampuan yang baik dan harga lebih murah dibanding dengan Intel HK, processor Intel HQ banyak menjadi pilihan para pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi.


Processor Intel Y
Jenis prosesor ini memiliki konsumsi daya paling rendah, antara 3.5W-7W! Prosesor jenis ini umumnya ditemukan pada Laptop jenis tablet atau 2-in-1 (convertible laptop). Cocok untuk penggunaan standar sehari-hari, seperti Microsoft Office dan browsing.


Processor Intel U
Jenis prosesor ini adalah yang paling umum ditemui di pasar consumer laptop. Performanya lebih baik dibandingkan jenis Y, namun masih dibawah jenis H/HQ/HK. Cocok untuk penggunaan standar sehari-hari, pemrograman, desain grafis, dan light gaming. Processor ini merupakan jenis yang paling banyak dipasaran.

Dengan memahami jenis processor Intel dengan kode suffix tertentu membantu kita dalam menentukan produk laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita. Seperti untuk kebutuhan laptop grafis kita bisa memilih i7 U, namun kemampuanya masih terbatas dibanding Intel i7 HQ atau HK.
Selain itu juga didukung oleh penggunaan storge serta RAM. Untuk mendapatkan performa lebih maksimal  SSD lebih baik daripada HDD. Perbandingan Storage SSD dan HDD.

Click to comment